Wo-ow, Kamu Ketauan


Wo-ow…kamu ketauan
Pacaran lagi
Dengan dirinya
Teman baikku

(lagu)

Spontan suara lagu tersebut memecah kesunyian pagi itu. Siapa sih yang gak kenal dengan hits yang lagi naik daun ini? Lagu yang sudah familiar banget di telinga anak muda Indonesia sekarang. Atau malah belum pernah dengar? “Aduh…gak gaul banget sih”, gitu kira-kira kata mereka. Benar saja, lha wong di mana-mana kita akan dengan mudahnya menemukan alunan nada-nada lagu tersebut: di televisi, radio, ringtone hp, panggung hiburan, bis kota, angkot, kantor, ruang kerja, bahkan di tape recorder kamar atau MP3 player kita pun juga ada. Penggemarnya? Uh…dari kalangan simbah, bapak-bapak, ibu-ibu, ABEGE, hingga balita dan bayi pun juga ada. Bentuknya pun sudah dimodif dari yang aslinya (pop) menjadi gaya dangdut, rockdut, disco house, campursari, hingga slow dan slowrock pun jadi. Komplit lah kaya jamunya Timbul.

Ya, pagi itu ada sesuatu yang baru di desa saya. Sebuah suara. Suara yang mungkin bisa didengar oleh warga satu RT. Si kembar Ama dan Ami pun (adik balita tetangga saya) berlarian keluar disertai babby sitter-nya. Kiki juga tak mau ketinggalan. Ayu yang baru berumur dua tahun pun segera beranjak melihat sumber suara. Sejumlah orangtua beserta anak-anaknya yang rata-rata masih balita berbondong-bondong ke jalan di depan rumah saya. Ingin mencari tahu dari mana asalnya suara lagu yang indah itu. Depan rumah saya menjadi ramai pagi itu. Saya? Ah…penasaran juga tuh! Ada apa ya?

Setelah saya mencoba keluar rumah dan menuju jalan, oh…ternyata ada konser “topeng monyet” di jalan sebelah musholla. Sang monyet kelihatan asyik sekali sedang berjalan ke sana ke mari dengan membawa gerobak kecil dari kayu, sementara sang pawang memeganginya melalui seutas rantai kecil yang melilit ke tubuh sang monyet. Sang pawang menggendong sebuah tape recorder kuno kecil, mirip punya para pengamen yang biasa naik bis saya di daerah Indramayu. Lagu yang diputer adalah lagu yang berlirik “kamu ketauan” itu. Sedangkan beberapa anak kecil tertawa-tawa di sekeliling sang monyet yang sedang beraksi itu. Dua kali saya mengalami hal ini. Yang pertama di akhir Desember tahun lalu dan yang kedua di awal Februari tahun ini. Semuanya saya alami saat saya sedang liburan di rumah.

Lho kok pake lagu “kamu ketauan” segala ya? Bukannya kalo topeng monyet itu kan pake iring-iringan gendang kecil dan kencer yang ditabuh? Dan biasanya suara gendangnya itu khas, bisa ditebak dengan jelas kalau ada suara seperti itu pasti topeng monyet. Tapi sekarang? Topeng monyet sudah modern. Sudah gak pake gendang lagi. Tinggal masukin kaset ke dalam tape recorder lalu disetel. Jadi deh pertunjukan yang meriah. Kan zaman millennium?

Wah…nampaknya saya harus pikir-pikir lagi deh buat menggandrungi lagu itu. Atau, bahkan yang sejenis dengan itu. Lagu-lagu tersebut sudah punya fans baru dari dunia lain selain manusia kaya kita-kita. Buktinya? Si bintang konser pagi itu asyik sekali berlari dan berjoget ke sana ke mari. Dan bukan tidak mungkin para abang pawang itu akan menyetel lagu-lagu lain yang sejenis untuk dijadikan OST (Original Sound Track) konsernya. Wah…Saya kini punya competitor baru dalam dunia per-lagu-an. Competitor dari jenis yang katanya bung Darwin sebagai “nenek moyang”-nya dia. Gak mau ah. Saya harus cari alternatif lagu lain yang beda dengan yang digandrungi sama competitor saya itu. Tapi, lagu apa ya?

Beberapa saat saya merenung, dengan pikiran yang jernih, hati yang bersih, logika yang putih dan tentunya jiwa yang sehat. Ah…saya tahu sekarang lagu yang pas buat saya. Lagu yang akan membuat hati saya makin lembut, makin jernih, makin bersemangat dalam hidup, makin tahu arah dan tujuan hidup, dan tentunya, makin dekat dengan Sang Pemilik Hati, Penggenggam Jiwa dan Penguasa Alam Semesta. Bukan lagu yang biasa-biasa saja, tapi lagu yang luar biasa. Mau tahu gak?

Nave in Gatsub at 130208 16.25 pm

Leave a Reply

